Minggu, 18 Desember 2016

Berita Acara Materi Workshop Organisasi dan DEI 2016

BERITA ACARA
MATERI MOTIASI I

Pada hari sabtu (17/12) di Aula UKM Lt.3, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Sekitar 30 mahasiswa mengikuti acara ini. Acara ini merupakan hasil kerja keras Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES). Dengan mengambil tema “Meningkatkan Kredibilitas dan Intregitas Pengurus dengan Berfikir Kritis”
Saya ambil nama K-POP biar lebih modern, K-POP ini singkatan dari Kuliah Pintar Organisasi Pintar, memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk senantiasa aktif dalam organisasi, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan dari organisasi.
Acara dimulai pukul 10.30 WIB, dirancang dengan sangat sempurna dengan berbagai persiapan dan kreativitas yang ditampilkan sehingga menjadikan acara ini luar biasa.Dengan konsep acara yang seperti talkshow dengan mengundang pemateri yang berprestasi dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.
Pemateri untuk motivasi pertama dibuka langsung oleh KAJUR HES yaitu Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag. M.H.I.beliau adalah sosok penyemangat yang luar biasa, memiliki prestasi yang sangat bagus. Beliau juga sebagai penyunting pelaksana dalam beberapa jurnal kampus, baik Jurnal TA’ALLUM (Jurnal Pendidikan Islam), Jurnal AHKAM (Jurnal Hukum Islam), Jurnal KONTEMPLASI (Jurnal Keushuluddinan), Jurnal DINAMIKA PENELITIAN maupun jurnal EPISTEMÉ (Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman). Beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah, seperti diskusi, bedah buku, seminar (regional, nasional maupun internasional), penelitian, dan pelatihan/workshop. Kami meminta beliau untuk memberikan apresiasi atas terlaksanakan acara ini, sehingga bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa baru.
“Hal terpenting didunia adalah organisasi. Dengan adanya organisasi mahasiswa bisa belajar berinteraksi dengan orang lain. Organisasi dengan kuliah itu memiliki simbiosis mutualisme.Jika ingin sukses jangan melangkah setengah-setengah. Sehingga hasil terbesar yang bisa dipetik adalah ketika sedang berada di tengah masyarakat nanti”, Ujarnya.
Acara berlangsung khidmat, dipimpin oleh MC& Notulencantik, Devi Tiyas & Sabillah Ayu. Dan bintang tamu yang dihadirkan adalah mereka yang selama berorgansisi memiliki prestasi akademik yang luar biasa.
Beliau juga mengatakan bahwa prestasi dan organisasi harus seimbang, agar bisa memaksimalkan peran sebagai mahasiswa, bukan hanya mahasiswa yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang alias mahasiswa Kupu-kupu. Apalagi kita dalam lingkup FASIH, yang memiliki 2 predikat sekaligus yakni Ilmu tentang hukum dan juga tentang ekonomi. Tinggal bagaimana kita mau mendalaminya atau tidak. Belajar tidak hanya dikelas, kita juga bisa belajar dimana saja asal disitu ada manfaat yang bisa kita petik.
Selain itu, Keberhasilan terbesar tidak akan telepas dari peran kedua orang tua yang telah memberikan doa restu dan support. Makanya sebelum melakukan sesuatu sekecil apapun itu minta izinlah kepada ibu, karena satu doa ibu bisa menguatkan dan memberikan motivasi yang luar biasa.
Beliau menyampaikan kalau manusia itu harus aktif dalam kegiatan di kampus agar waktu yang kosong tidak terbuang untuk hal-hal yang tidak berguna.Tapi, disisi itu ingat! jangan menomorduakan jadwal kuliah. Organisasi penting, Kuliah tetap nomor satu!J
Selain materi motivasi K-POP, kami juga menyajikan hiburan yang sangat menarik, seperti Srikandi & FGD dan hiburan seru dari pemateri lainnya. Sampai terakhir acara berjalan lancar dan sukses. (Devi SP)


#HMJHESJOS!!

#EKONOMRABBANIBISA!!

BERITA ACARA
MATERI Ke-FoSSEI-an

Minggu, 18 Desember 2016 pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah dan Kelompok Studi Ekonomi Islam Muamalah dalam kegiatan Workshop Organisasi dan Diklat Ekonomi Islam (DEI) tahun 2016 mendapatkan materi Ke-FoSSEI-an. Materi ini disampaikan oleh Bapak Irvan Dwi Kurniawan, S.M. dari Alumni Corp FoSSEI AcSES Universitas Airlangga Surabaya. Beliau juga pernah menjabat sebagai Koordinator Regional FoSSEI JATIM pada tahun 2008. Sekarang beliau bekerja di Perum BMW Tulungagung pada bagian Keuangan.
Materi yang disampaikan antara lain Sejarah Berdirinya FoSSEI pada tahun 2000 yang diprakarsai oleh 7 Perguruan Tinggi, yakni Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gajahmada Yogyakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia. Kemudian ditetapkanlah tanggal 13 Mei sebagai tanggal berdirinya FoSSEI. Latar belakang berdirinya FoSSEI ini adalah Krisis Moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1990an. Dimana Ekonomi Islam kala itu mampu bertahan dibandingkan dengan Ekonomi Konvensional lainnya. Beliau menyampaikan materi dengan melakukan tanya-jawab secara langsung kepada peserta diklat, sehingga memudahkan peserta dalam menerima materi ini.
Pesertapun sangat antusias dan semangat dalam menerima materi ini, dengan motivasi-motivasi yang diberikan oleh narasumber mampu membuka fikiran peserta untuk melihat dunia yang sangat luas ini. Dalam penyampaian materi Akh Irvan ditemani Ukhti Mudrikah selaku Moderator. Materi disampaikan kurang lebih sekitar 2 jam mulai pukul 09:00 – 11:00 WIB. Materi ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta yang aktif dan banyak bertanya.
Demikian berita acara materi ke-FoSSEI-an ini dibuat, semoga kegiatan ini dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Ekonom Rabbani Bisa!!! FoSSEI Jatim JOSS!!!



BERITA ACARA
TALKSHOW SRIKANDI dan Forum Group Discussion

Minggu, 18 Desember 2016 setelah mendapatkan materi ke-FoSSEI-an peserta Workshop Organisasi dan Diklat Ekonomi Islam (DEI) tahun 2016 dilanjutkan dengan materi Talkshow Srikandi dan Forum Group Discussion. Pada 2 materi ini diharidi oleh Mahasiswa dari STAI Muhammadiyah dan STAIN Kediri dari KSEI Forseisk. Materi Talkshow Srikandi dan FGD dilaksanakan secara terpisah. Talkshow Srikandi untuk peserta yang perempuan dan FGD untuk peserta yang laki-laki.
Talkshow Srikandi diisi oleh Ukhti Desta Kurnia Sari selaku Mantan BPH FoSSEI Regional Jatim periode 2015/2016 dari STAIN Kediri. Materi ini dimulai pukul 11:15-12:30 WIB di Aula UKM Lt.3 dengan pembahasan pemberdayaan muslimah atau Move Up. Ada beberapa jargon yang dibahas yakni
1.    Srikandi                        : Bangkit dari keterpurukan jadi Muslimah Tangguh.
2.    Move Up           : Perpindahan ke titik yang lebih tinggi memperbaiki kualitas diri.
3.    Move On          : meninggalkan apa yang harus ditinggalkan berpindah secara horisonatal tidak sekedar meninggalkan.

Forum Group Discussion (FGD) dilaksanakan di Kantor DEMA FASIH Gedung UKM  Lt.2. FGD dipimpin oleh Koordinator Komisariat Kediri akh Huda dan Ketua Umum KSEI Muamalah. Pembahasannya antara lain mengenai perkembangan KSEI serta Progam kerja dari BPH Regional dan Komisariat Kediri.
Kedua kegiatan ini merupakan sarana menjalin silaturahim antar KSEI di Komisariat Kediri. Selain itu juga sebagai ajang pertukaran progam kerja atau studi banding oleh masing-masing KSEI di wilayah Komisariat Kediri. Kegaitan ini selesai pukul 12:30 WIB.
Demikian berita acara ini dibuat, semoga jejak langkah kami dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan ridhlo Allah SWT serta dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.
HMJ HES JOSS!!!

FoSSEI JATIM JOSSS!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut