HASIL RAPAT
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI
SYARIAH
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Hari
ini, tanggal 09 November 2016 HMJ HES baru saja mengadakan Rapat Luar Biasa dan
Rapat Persiapan Open Recruitment HMJ HES periode 2016/2017 di Kantor HMJ Gedung
UKM Lt. 3. Ditengah Hujan yang begitu deras, kami tetap melanjutkan Rapat
(karea memang dilaksanakan di dalam ruangan, jadi gpp meskipun hujan wkwkwkwk).
Rapat Tersebut dimulai sekitar Pukul 15:18 WIB. Cukup molor dari waktu yang
telah dijadwalkan yakni Pukul 14:30 WIB. Tidak menjadi masalah meskipun molor
cukup lama, karena akan menjadi masalah jika tidak dilaksanakan.
Ada
2 agenda pembahasan dalam rapat ini, yakni 1) Rapat Luar biasa dan 2) Rapat
Persiapan Open Recruitment. Rapat ini dipimpin oleh Ketua Umum Nur Habib Fauzi
(HES 5C) dan dihadiri oleh Co. Divisi Research and Development M. Khoirul
Roziqin (HES 5C). Rapat Luar biasa ini dilaksanakan secara tidak formal guna
mengeluarkan semua pendapat dari pengurus HMJ HES selama Kepengurusan, baik
berupa saran, kritikan maupaun tanggapan-tanggapan terkait agenda dan perilaku
organisasi.
Rapat
Luar Biasa ini menggunakan sistem ZOUPP (sebuah sistem yang kami dapatkan dari
hasil Rakereg FoSSEI Jatim 2016 kemaren di Universitas Jember) dengan hasil
Pembahasan sebagai berikut:
1.
Masalah Internal Organisasi
a.
Pengurus
Jarang ke Kantor HMJ HES
b.
Kehadiran
Pengurus waktu Rapat hanya sedikit
c.
Tanggungjawab
Pengurus terhadap Posisi di Divisinya kurang
d.
Kurangnya
Komunikasi antar Anggota
e.
Semangat
Sebagian Pengurus Menurun
f.
Masalah
Pribadi dibawa-bawa
Dengan
menggunakan sistem ZOUP maka, kita mencari kebalikan dari masalah-masalah
tersebut (dari yang Negatif dirubah menjadi Positif) yang menghasilkan:
a.
Pengurus
Sering Ke Kantor HMJ HES
b.
Kehadiran
Pengurus waktu Rapat Meningkat/banyak
c.
Tangggungjawab
Pengurus terhadap Posisi di Divisinya meningkat
d.
Komunikasi
antar anggota baik/bagus
e.
Semangat
Pengurus Meningkat
f.
Profesional
dalam berorganisasi
Dari hasil
tersebut, kita mencari cara untuk mencapainya, yakni:
a.
Membentuk
Jadwal Piket, Penambahan Buku bacaan di Kantir, membuat Kantor nyaman dan menambah
jadwal rapat masing-masing Divisi 1 x dalam 2 minggu.
b.
Memberikan
Konsumsi ketika Rapat, pemilihan waktu yang tepat, pemilihan tempat Rapat yang
asyik misal dengan melakukan rapat di Huko atau Alun-alun, serta Kejelasan
Informasi.
c.
Coordinator
Divisi harus lebih aktif lagi, serta memberikan wawasan Organisasi dan
Pemahaman akan TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi).
d.
Cooffe
Break, Tegur Sapa, Positif Thinking, Tunjangan Pulsa???, menanamkan rasa
Kekeluargaan antar Anggota.
e.
Memberikan
Motivasi serta mengajak untuk melakukan Observasi ke lembaga/Instansi yang
bekerja sama dengan HMJ HES seperti LMI, BMT, Peradi, dan lain-lain.
f.
Memberikan
Pelatihan Kepemimpinan.
2.
Agenda Organisasi
Ada beberapa langkah untuk mengajukan
Agenda Kegiatan dari masing-masing Divisi kepada Pengurus Harian, yakni:
a.
Menyusun
TOR (Term Of Reference) Kegiatan, yang meliputi:
-
Latar
Belakang
-
Dasar
kegiatan
-
Tujuan
dan Manfaat Kegiatan
-
Nama
Kegiatan
-
Sasaran/Peserta
-
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
-
Rencana
Anggaran Belanja (RAB)
-
Penutup
b.
Presentasi
TOR ketika Rapat Kerja Pengurus
c.
Pelaksanaan
Kegiatan
d.
Evaluasi
Kegiatan
e.
Pembuatan
LPJ
3.
Langkah-langkah Eksekusi Kegiatan
a.
Rapat
Kerja Pengurus, yang membahas mengenai Pembentukan Kepanitiaan Kegiatan.
b.
Rapat
Persiapan Kegiatan #1, yang wajib dibahas antara lain:
-
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
-
Konsep
Acara (berpedoman pada TOR)
-
Pembagian
Tugas di masing-masing PJ (Penanggung Jawab)
c.
Rapat
Persiapan Kegiatan #2
-
Laporan
Masing-masing PJ
-
Pertimbangan
-
Penyusunan
Rencana Anggaran Dana
-
Ketupel
Melaporkan Ke Pengurus Harian
d.
Rapat
Persiapan Kegiatan #3, membahas Laporan Persiapan Kegiatan
e.
Rapat
Persiapan Kegiatan #4, Laporan Akhir Persiapan Kegiatan
f.
Eksekusi/Pelaksanaan
Kegiatan
g.
Evaluasi
Kegiatan
h.
Pembuatan
Laporan Pertanggung Jawaban Kegiatan
i.
Pembubaran
Panitia
Selanjutnya
masuk pada Pembahasan Agenda Rapat Persiapan Open Recruitment yang menghasilkan
kesepakatan sebagai berikut:
1.
Tahapan Seleksi
a.
Tahap
I: Seleksi Administrasi dengan PJ Hesti Handayani dan Lely Lusiana Budiarti;
b.
Tahap
II: Tes Tulis dengan PJ M. Khoirul Roziqin, Sabila Ayu Fania dan Tes BTQ dengan
PJ Shofiana Aprilia dan Laily Tazkiyah;
c.
Tahap
III: Tes Wawancara dengan PJ Nur Habib Fauzi dan DPO;
d.
Tahap
IV: Simulasi Kegiatan dengan PJ M. Stiphan Bhakti Ardiyono, Diyah Anasih Anggriani
dan Alif Yhang Aulia;
2.
Penjelasan (Detil)
a.
Tahap
I Seleksi Administrasi meliputi:
-
Form
Pendaftaran
-
Fc.
Sertifikat Kegiatan Sejak SLTA
-
Fc.
KTM
-
Surat
Pernyataan Orang Tua
-
Tulisan
Bio-Ku
b.
Tahap
IV Simulasi Kegiatan,
-
Peserta
dibagi menjadi 4 Kelompok
-
Memilih
1 dari 4 kegiatan, meliputi Seminar, Bedah Buku, Workshop dan Lomba
-
Presentasi
3.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Open
Recruitment
a.
Pengumuman
mulai tanggal 10 November 2016
b.
Pendaftaran
mulai tanggal 10 s.d 20 Novemeber 2016 dengan mengumpulkan berkas di Kantor HMJ
atau dikirim via email: hmjhesiainta1@gmail.com
c.
Seleksi
-
Tahap
I : tanggal 21 November 2016
-
Tahap
II : tanggal 22 November 2016,
Tempat Aula UKM Lt. 3
-
Tahap
III : tanggal 23 s.d 24 November
2016, Tempat Kantor HMJ HES
-
Tahap
IV : tanggal 25 November 2016,
Tempat Aula UKM Lt. 3
4.
Jumlah Kursi
Ada 15 kursi yang diberikan dengan
pembagian sebagai berikut:
a.
Divisi
R&D : 3 orang
b.
Divisi
PR : 5 orang
c.
Divisi
BM : 4 orang
d.
Divisi
Rlg : 3 orang
Demikian
Hasil Rapat hari ini, semoga apa yang direncaakan dapat dilaksanakan dan diridhoi
Alloh SWT. Amin....
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Masukan kak, semisal jika diadakan rapat luar biasa #2 bagaimana? Siapa tau dilain hari cuaca mendukung sehingga semua anggota kepengurusan HMJ bisa hadir setidaknya setangah dari jumlah anggota :)
BalasHapusMasukan diterima, . ada usulan waktu dan tempat????
HapusTambahan kak, menyetorkan jadwal perkuliahan dr tiap2 kelas.agar memudahkan menentukan hari untuk agenda rapat. Bagi yg jadwal perkuliahannya mengalami perubahan.dan tambahan juga nnti tahap administrasinya,dr maba juga diminta i jadwal perkuliahan yg berlaku atau yg telah mngalami perubahan,lwt ketua kls atau yg mewakili saja
BalasHapustambahan diterima, . dulu kita juga udah pernah mengusulakn itu, . namun tidak ada tindak lanjut dari yang bertugas, . boleh2 kita tekankan lagi, . makanya yang penting juga adalah tanggungjawab pada posisi masing2 harus ditingkatkan, . alasan tidak tau sebenarnya bukan alasan sekelas mahasiswa, . mahasiswa tugasnya mencari tau, . benar?
Hapus