Selasa, 30 Agustus 2016

Rapat Pengurus Harian #1






RAPAT PENGURUS HARIAN

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
HUKUM EKONOMI SYARIAH



Alhamdulillahirobbil’alamin, setelah kurang lebih 2 bulan sejak kami dilantik menjadi pengurus HMJ HES oleh Pak Pres (biasanya kami menyebut), kami Pengurus Harian bisa melaksanakan Rapat Pengurus Harian secara resmi untuk membahas mengenai langkah kedepan HMJ HES. Rapat Pengurus Harian atau RPH dilaksanakan pada Kamis 25 Agustus 2016 di kantor HMJ HES Gd. Ukm. Lt.3.
Sebenarnya kami sudah sering melakukan Rapat Pengurus Harian, Namun untuk membahas agenda yang akan dilaksanakan yaitu SemNas dan Mureg FoSSEI Jatim 2016 kemaren. Baru setelah itu kami benar-benar membahas terkait masa depan HMJ HES. Tidak hanya kami yang sebenarnya melakukan rapat, namun masing-masing Divisi juga mengadakan Rapat anggota Divisi (RADIV), namun di tempat dan waktu yang berbeda.
Kami mulai rapat Pukul 12:30 WIB. Yang dihadiri oleh Sekretaris 1 dan 2 (Ukh. Hesti dan Lusi), Bendahara 1 dan 2 (Ukh. Sofi dan Alif) kemudian Ketua Umum Nur Habib Fauzi. Wakil Ketua Sabilla Ayu Fania tidak bisa hadir dikarenakan sakit.
Ada beberapa hal yang kami bahas, yakni:

1.      Visi dan Misi HMJ HES
2.      Job Description Sekretaris dan Bendahara (Penjelasan)
3.      Struktur Organisasi, Maksud Garis Koordinasi dan Intruksi
4.      Penentuan Nama dan jenis Rapat
5.      Proker Pengurus Harian
6.      Rekomendasi kepada Divisi.
7.      Sosialisasi HMJ HES (Promosi)

Seperti biasa, rapat dibuka oleh Ketua Umum, dimulai dengan penjelasan Visi dan Misi HMJ HES periode 2016/2017. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya dan berdasar MUSTA 2016 kemaren bahwa HMJ memiliki Visi: Kerakyatan, Misi: Keilmuan dan Orientasi: Kebangsaan. Pemaknaannya bisa luas sekali, yang jelas HMJ HES bertujuan untuk meningkatkan Segala Aspek Kehidupan Rakyat terutama Keilmuannya (Rakyat dalam lingkup Intern/Kampus adalah Mahasiswa HES dan rakyat dalam lingkup Eksteren/lebih luas lagi adalah semua Mahasiswa IAIN Tulungagung serta masyarakat umum). Dengan berfokus untuk Mewujudkan Generasi yang Kritis dengan mengajak Mahasiswa turut berperan aktif dalam berorganisasi maupun kegiatan lain yang positif.
Visi tersebut tentunya dapat tercapai dengan Keilmuan yang tinggi. dengan Misi ini HMJ HES diharapkan benar-benar mampu mewujudkan cita-citanya. Dengan keilmuan dibidang Hukum Ekonomi Syariah khususnya, akan dapat membentuk karakter generasi bangsa yang mandiri, Kredibel, berintregasi Tegas dan penuh dengan dedikasi. Menanamkan nilai-nilai kebangsaan, menjunjung tinggi Pancasila, UUD 45, Al-Qur’an dan Hadist dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Tentunya harus sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Pembahasan yang kedua, mengenai Penjelasan Job Description Sekretaris dan Bendahara. Dan Struktur Organisasi mengenai Garis-garis Koordinasi dan Intruksi bahwa masing-masing organ dalam HMJ HES mempunyai ruang lingkup yang sudah dibagi. Sekretaris bertanggungjawab terhadap semua hal yang berkenaan dengan administrasi Organisasi, Bendahara bertanggungjawab terhadap Keuangan Organisasi. Begitupun dengan Divisi-divisi. Mereka sudah mempunyai porsi yang ditentukan. Div. Religion dalam hal kerohanian maupun peningkatan Ketaqwaan Mahasiswa, Div. R & D dalam hal penelitian dan Pengembangan, Div. Bakat Minat dalam hal Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa baik dalam bidang olahraga, music, maupun bakat lainnya, dan Div. P R dalam hal kerjasama Intern maupun Eksteren Organisasi termasuk sosialisai kepada public.
Menggunakan 6 tahapan management organisasi, yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan, Evaluasi, dan Pelaporan Diharapkan kepengurusan HMJ bisa berjalan dengan maksimal dan dapat mewujudkan cita-citanya. Amin.
Pembahasan yang keempat, yaitu penentuan Nama dan Jenis Koordinasi (rapat kepengurusan), yaitu:
1.      RPH (Rapat Pengurus Harian)
Rapat ini dilaksanakan oleh dan hanya pengurus Harian. Dilaksanakan paling sedikit 2 x dalam sebulan.

2.      RADIV (Rapat Anggota Divisi)
Rapat ini dilaksanakan oleh masing-masing divisi guna membahas program kerja atau masalah apapun terkait divisinya. Dilaksanakan paling sekikit 1 x dalam sebulan.
3.      RPK (Rapat Persiapan/Pelaksanaan Kegiatan)
Rapat ini dilaksanakan oleh semua pengurus yang menjadi panitia dalam kegiatan yang akan dilaksanakan termasuk juga Pengurus Harian, seperti Seminar atau Makrab. Dilaksanakan paling sedikit 3 x sebelum Pelaksanaan oleh semua Panitia dan paling sedikit 6 x oleh Panitia Inti (Ketupel, Sekretaris, Bendahara dan Co. masing-masing bidang).
4.      RKP (Rapat Kerja Pengurus)
Rapat ini dilaksanakan oleh semua pengurus HMJ HES guna membahas perkembangan Organisasi. Dilaksanakan paling sedikit 1 x dalam 3 Bulan.
5.      RKO (Rapat Koordinasi Organisasi)
Rapat ini dilaksanakan oleh Pengurus Harian bersama-sama dengan Co. Div. untuk berkoordinasi baik dengan Pembina, Lembaga Kemahasiswaan lain maupun dengan Ketua Kelas HES. RKO ini dilaksanakan guna konsultasi terkait agenda yang akan dilaksanakan maupun metode sosialisasinya.

Pembahasan yang kelima yaitu terkait Program Kerja Pengurus Harian. Sebenarnya setiap agenda HMJ baik yang di pelopori oleh Divisi A misalnya, merupakan Program Kerja bersama. Namun untuk meningkatkan kinerja pengurus dan kefokusan dalam agenda kegiatan, maka semua div. diberikan Porsi untuk mengadakan agenda yang sesuai dengan bagiannya termasuk juga Pengurus Harian. Berdasarkan musyawarah bersama PH secara garis besar mempunyai Program Kerja sebagai berikut:
-          Pelantikan Pengurus
-     Pelatihan Kepemimpinan (Pemahaman Management Organisasi)
-          IP Awards
-          Open Recruitmen
-          Sosialisasi Organisasi
-          MUSTA



Pembahasan yang terakhir adalah terkait Sosialisai Organisasi, kami mendapat kesepakatan bahwa Promosi HMJ akan dilaksanakan setelah RKP sudah dilaksanakan. Dengan menyampaikan Proker dan pengetahuan terkait kelembagaan HMJ HES. Promosi dilaksanakan dengan membagi Anggota Div. termasuk PH kedalam kelompok-kelompok yang kemudian diberika tanggungjawab untuk sosialisasi di kelas-kelas yang sudah dibagi.
 Dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung dengan HMJ HES diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan potensinya baik dalam hal akademik maupun dalam hal lain yang dapat dikembangkan. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan Generasi yang Kritis di lingkungan HES khusunya dapat tercapai. Amin.
Demikian Hasil Rapat Pengurus Harian HMJ HES, Pepatah mengatakan “Kegagalan dalam Perencanaan berarti merencanakan Kegagalan”. 
Semoga apa yang sudah direncakan dapat dilaksanakan dengan maksimal yang berdampak kepada pengembangan HMJ lebih baik lagi. Amin. (PH/Sekr)

Silahkan menhub. Kami untuk informasi lebih banyak………

#AyoDukungHMJHES

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut