Jumat, 24 Juni 2016

Profil Pengurus HMJ HES Periode 2016/2017

APA ITU HMJ HES???


HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan berdasarkan AD/ART Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) IAIN Tulungagung merupakan lembaga kemahasiswaan tertinggi ditingkat jurusan. Selain itu HMJ merupakan satu-satunya organisasi Kemahasiswaan Intern yang ada di jurusan.
HMJ berfungsi sebagai organisasi pelaksana kegiatan pengembangan kemahasiswaan di tingkat jurusan, yang berkaitan dengan pengembangan penalaran dan keilmuan, serta sikap profesi sesuai dengan bidang ilmu dan program studi jurusan.

HMJ mempunyai tugas pokok antara lain:
1.      Melaksanakan ketetapan-ketetapan SEMA-I dan DEMA-I.
2.      Merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstra-kurikuler pengembangan kemahasiswaan di tingkat jurusan yang berkaitan dengan pengembangan penalaran dan keilmuan serta sikap profesi sesuai bidang ilmu dan program studi, serta sesuai garis-garis besar program yang ditetapkan DEMA-I.
3.      Melakukan koordinasi kegiatan dengan DEMA-F dan DEMA-I.

Dalam melaksanakan tugasnya, HMJ melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Ketua Jurusan. Ketua HMJ ditetapkan dan dipilih secara langsung oleh mahasiswa melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan dalam Musyawarah Tahunan (MUSTA).
Kepengurusan HMJ terdiri atas : Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Ketua-ketua Divisi. Masa bakti kepengurusan HMJ satu tahun dan Ketua tidak dapat dipilih kembali untuk kepengurusan masa bakti berikutnya. Kepengurusan HMJ disahkan oleh DEMA-I dengan Surat Keputusan. Pengurus HMJ bertanggungjawab kepada DEMA-I. Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi kemahasiswaan tingkat Institut dan organisasi kemahasiswaan tingkat Fakultas.
HMJ Mempunyai tugas pokok menyelenggarakan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan yang sesuai dengan program jurusan.
Fungsi HMJ sebagai wahana pelaksanaan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan yang sesuai dengan program jurusan yang bersangkutan. Kepengurusan HMJ terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara dan anggota pengurus lainnya. Masa kepengurusan HMJ satu tahun. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya HMJ bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan yang bersangkutan.

Di jurusan Hukum Ekonomi Syariah atau di semua jurusan, dulu HMJ disebut sebagai HMPS atau Himpunan Mahasiswa Program Studi. Baru setelah STAIN Tulungagung beralih menjadi IAIN maka berubah pulalah nama lembaga kemahasiswaannya pada tahun 2014. BEM menjadi DEMA dan HMPS menjadi HMJ.(Fz)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut