Kamis, 25 Mei 2017

Olimpiade HES 2017


BERITA ACARA
OLIMPIADE HUKUM EKONOMI SYARIAH 2017

Assalamualaikum wr. Wb dalam rangka untuk meningkatkan semangat belajar dan menjalin silaturahmi antar mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah, maka kami dari Himpunan Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah pada hari jumat tanggal 19 mei 2017 melaksanakan agenda yang telah kami persiapkan di awal semester genap, yaitu OLIMPIADE HES yang pada hari ini telah  memasuki tahap pertama yakni babak penyisihan. Olimpiade HES ini diikuti oleh 45 peserta dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah dengan komposisi 15 peserta dari masing-masing semester. Olimpiade HES ini mengambil tema yaitu “Indonesia Sebagai Pusat Global Industri Halal Dunia”. Soal yang diberikan pada babak yang pertama ini terdiri dari 8 materi yang  meliputi , Akidah,Sejarah Pemikiran Ekonomi Syariah Fiqih Muamalah,Lembaga Keuangan Syariah Dan Badan Hukum Lainya,Fatwa DSN-MUI,Hukum Positif,Perkembangan Regulator Hukum Ekonomi Syariah dan Pengetahuan Seputar IAIN Tulungagung. Babak penyisihan ini dimulai pada pukul 08.30 yaitu chek in peserta, kemudian pada pukul 09.00 peserta memasuki ruangan dan memulai mengerjakan soal. Soal pada babak penyisihan terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 20 soal uraian, dimana peserta diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan soal. Setelah peserta selesai mengerjakan soal maka peserta dapat meninggalkan ruangan dan mengambil snack yang telah disiapkan oleh panitia, kemudian untuk pengumuman bagi peserta yang lolos pada babak selanjutnya akan diumumkan melalui grup whatsApp yang telah ada.
Pada hari senin tanggal 22 mei 2017 diadakan Tecnichal meeting bagi peserta yang lolos pada tahap selanjutnya, di dalam Tecnichal meeting diadakan pembagian kelompok dan pemberitahuan teknis pada babak selanjutnya, kelompok yang lolos pada tahap ini berjumlah 8 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari semester 2, 4 dan 6 yang pembagianya dilakukan dengan pengambilan nomor. Kemudian pada hari selasa tanggal 23 mei 2017 OLIMPIADE HES memasuki tahap semi final dan babak final. Dimana pada babak semifinal peserta dihadapkan pada rangkaian soal yaitu, yang pertama setiap peserta diberikan soal wajib yang terdiri dari 3 soal setiap kelompoknya, kemudian soal yang kedua adalah soal dalam bentuk kategori dimana setiap kelompok memilih salah satu kategori soal dan melemparkan soal kepada kelompok yang lainya, untuk tahap ke 3 dalam babak semifinal ini setiap kelompok dihadapkan pada soal rebutan, di soal rebutan ini terdiri dari 10 soal dengan poin yang bertingkat apabila menjawab benar dan mendapat pengurangan poin apabila menjawab salah. Kemudian dari babak semi final ini diambil 4 kelompok dengan poin tertinggi untuk lolos ke babak final. Di babak final ini masing-masing kelompok di berikan kasus dalam bentuk video kemudian masing-masing kelompok mempresentasikanya, kemudian juri memberikan tanggapan dan pertanyaan sesuai apa yang di presentasikanya. Akhirnya dengan mengucap Alhamdulillah rangkaian acara OLIMPIADE HES 2017 telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.
Tanggal 08 Juni 2017 merupakan saat dimana para peserta yang telah lolos dalam setiap babak dalam olimpiade HES 2017 menerima penghargaan atas apa yang telah mereka perjuangkan. Yaitu bersamaan dengan acara IP Awards #3 HES pada tanggal tersebut, 4 tim yang berhasil lolos adalah termasuk tim-tim unggul jika dibandiingkan  dengan 15 tim lainnya. Namun, bukan berarti bahwa tim-tim yang belum lolos dalam olimpiade ini adalah tim-tim yang tidak mempunyai potensi, justru mereka akan semakin terpacu untuk lebih giat lagi dalam bersaing. Akhirnya pada hari ini juga, tanggal 08 Juni 2017 kegiatan HMJ HES merupakan kegiatan terakhir pada semester genap. Dan kami berharap untuk yang akan datang HMJ HES dapat memfasilitasi mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah sesuai dengan kebutuhan mereka, dan tentunya kami sebagai pengurus HMJ HES akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kepentingan bersama kita khususnya sebagai mahasiswa yang mempunya status mahasiswa IAIN Tulungagung. Dan untuk pemenangnya dimana dari 4 tim yang menjadi nominasi, akhirnya juara pertama jatuh kepada tim yang anggotanya, Mudrikah dari kelas hes 6 c, Dwiana jamilatul KH hes 4c, Rischy eka A, dan sebagai juara kedua jatuh pada kelompok yang memiloiki anggota Yolanda agnes kelas 6c, Sabillah ayu fania kelas Hes 4b, habib rabbani kelas hes 2a, juara 3 jatuh pada kelompok yang beranggotakan, M khoirul rozikin kelas hes 6c, binti marifatul husna hes 4a,fitriab noor a hes 2c,untuk finalis jatuh pada kukuh bagus satrio hes 6b, dendi kelas hes 4a, linda eka f kelas hes 2a. demikian rangkaian acara olompiade hukum ekonomi syariah dari persiapan sampai pengumuman pemenang. 






























ALMAHERA Aliansi Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut