Kamis, 10 September 2015

Metode Penerapan Kantin Kejujuran

Kantin Kejujuran Iain Tulungagung Jawa Timur

Dalam proses praktik dan pembelajaran yang mengenai kantin kejujuran belum lama ini yang di kelolah oleh, Organisai HMJ IAIN Tulungagung nampaknya berimbas positif artinya melatih seseorang untuk berbuat jujur dalam melakukan transaksi jual beli bebas atau tanpa pengawas si penjualnya.


Dalam upaya metode tersebut nampak mendapat dukungan oleh semua pihak tentunya tidak ada penolakan di lingkungan mahasiswa,Terbukti makanan dan minuman setiap hari laku terjual dan menyisakan keuntungan. Pembaharuan ini selain menguntungkan lingkup lembaga juga sebagai salah satu metode percontohan layak untuk masyarakat luas.

Dalam jangka panjang di yakini akan terus mencipkan kehidupan yang berkarakter baik pada sistem jual beli dan kehidupan berorganisasi bersama masyarakat.Selain itu Kantin kejujuran juga di atur di dalam dasar Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dimana dalam pasal 16 berbunyi.

”kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan Nasional”.
Sehingga kantin kejujuran di lingkungan kampus IAIN diciptakan untuk memberikan pendidikan kejujuran kepada mahasiswa,masyarakat dan pembelajaran anti Korupsi.
Ajaran Islam pun juga membahas tentang sifat jujur akan mengantarkan seseorang kepada perbuatan-perbuatan yang bernilai. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya kejujuran itu akan mengantarkan kepada jalan kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan mengantarkan ke dalam Surga, Sesungguhnya orang yang benar-benar jujur akan dicatat di sisi Allah sebagai ash-shidiq (orang yang jujur). Dan sesungguhnya orang yang dusta akan mengantarkan ke jalan kejelekan, dan sesungguhnya kejelekan itu akan mengantarkan ke dalam neraka, Sesungguhnya orang yang benar-benar dusta akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.“(HR. Al Bukhari no. 6094 dan Muslim no. 2606).

Oleh karena itu semua pengurus organisasi HMJ IAIN Tulungagung berharap penuh dan meminta semua pihak agar mendukung dengan berkontribusi demi usaha bernilai positif tentunya untuk kemajuan kemudian hari agar semakin berkembang secara mandiri.


Penulis: Inu / Fer ;Bagian devisi hubungan Publik HMJ IAIN Tulungagung.






1 komentar:

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut