Rabu, 28 Oktober 2015

Malam Keakraban (Makrab) Menjalin Keakraban, Menyatukan Perbedaan


 
Baru saja HMJ HES pada tanggal 17-18 Oktober 2015 mengadakan Malam Keakraban (Makrab). Acara ini diadakan di Argo Wilis Sendang. Tidak kurang acara ini diikuti oleh 100 mahasiswa satu jurusan HES IAIN Tulungagung.  Pemberangkatan mahasiswa menggunakan bus kampus. Bus warna hijau ini mengangkut mahasiswa sebanyak dua kali. Tidak kurang 2 jam perjalanan bolak balik dibutuhkan untuk mengantarkan mahasiswa menuju villa argo wilis.

            Acara dimulai pukul 13.30 WIB setelah menunggu pemberangkatan kedua mahasiswa baru putra disertai dengan 4 orang mahasiswa baru putri yang belum terangkut. Sedangkan panitia sudah sampai terlebih dahulu dengan menaiki sepeda motor dan beberapa naik bus kampus. “Serasa piknik tipis-tipis”, ungkap seorang mahasiswi ketika ditanya bagaimana kesannya ketika berada di dalam bus kampus dengan suasana dingin dengan suara mp3. Beberapa mahasiswi pun banyak yang mengikuti alunan musik yang ada dengan ekspresi sangat senang. Bahkan ketika ada tanjakan naik turun para mahasiswi ini begitu menikmati perjalanan ini.


            Pembukaan acara ini dipandu oleh Novita Tunjung Sari. Dan diiringi dengan adanya nyanyian lagu Indonesia Raya dan juga Mars IAIN Tulungagung yang didirigeni oleh Intan Pratiwi Nirwana Putri.Walaupun tidak berada di kampus tapi disini kami disini membawa almamater kampus tercinta. Setelah itu ada sambutan dari ketua pelaksana Ahmad Ngainu Rozikin, Ketua HMJ HES Amir Fatah dan juga doa dari Ketua jurusan HES Bapak Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Pembukaan makrab berlangsung khidmat sampai akhir.



            Setelah pembukaan digelar dilanjutkan dengan adanya materi. Materi pertama tentang motivasi yang disampaikan oleh Bapak Aibak dengan moderatornya Fajrina Eka Wulandari. Materi ini berjudul “Aku Ada Karena Kau Pun Ada”. Seperti lagu memang, bahkan sempat sebelum materi dimulai bernyanyi bersama lagu raja tersebut. Dari materi itu dapat kita ambil pelajaran bahwasanya kita dalam hidup membutuhkan orang lain, tidak bisa hidup sendiri.  Dan inilah makna keakraban itu sendiri, kita butuh sosial , kita butuh komunikasi dengan orang lain kita tidak bisa hidup sendirian seorang diri saja. Untuk memahami makna keakraban sendiri maka Pak Aibak membuat sebuah lagu dengan nuansa jalan kenangan dengan ada lirik “bersama HES”.



            Sebelum pemateri kedua kedatangan dari Wakil Dekan III FASIH Bapak H. M. Darin Arif Mu'allifin S. H., M. Hum. Pemateri kedua berasal dari kalangan organisasi. Organisasi yang diikuti oleh HMJ HES IAIN Tulungagung yang lingkupnya adalah kancah nasional. FoSSEI adalah forum yang digunakan oleh para penggiat ekonomi rabbani untuk bersilaturahmi dan berjuang bersama dengan belajar secara akademik maupun secara pengalaman. Mas Irvan Dwi Kurnianto mantan Koordinator Regional Jawa Timur berkenan hadir di acara makrab ini untuk berbagi ilmu dengan moderatornya Mudrikah. Selain memperkenalkan FoSSEI kepada mahasiswa baru tetapi juga mengajarkan bagaimana cara membaca kepribadian sendiri.




            Antusiasme dari peserta makrab yang ada membuat Mas Irvan memberikan 2 buah buku untuk peserta putra dan putri terbaik makrab. Tak hanya itu saja bahkan beliau dengan senang hati memberikan kesempatan kepada para pendengar untuk berkonsultasi tentang FoSSEI dan masalah lainnya tentang organisasi. Semoga bermanfaat untuk kami semua Mas, aaamiiinn.



            Malam minggu ini adalah malam yang begitu panjang begitulah kata panitia Makrab HMJ HES IAIN Tulungagung. Acara malam minggu ini adalah pentas seni dengan pemandunya Zulia Khoirun Nisa yang akan penampilannya dipersembahkan tidak saja oleh para mahasiswa baru tetapi juga oleh para kakak-kakak tingkat walaupun terkesan mendadak dan kurang rapi. Tetapi semua bersenang-senang dengan adanya api unggun dan kebersamaan yang ada. Bahkan turut hadir juga mantan Ketua HMJ HES sebelumnya yakni Mas Haris dan Mas Sulhan Aditama. Turut hadir juga Mbak Afrik Yunari alumni terbaik HES yang sekarang sedang menempuh S2 di IAIN Tulungagung. Malam pun ditutup dengan nyanyian-nyanyian. Semoga besok lebih indah dari hari ini.



            Mengawali pagi ini dengan senam pagi bersama. Senam dipimpin oleh beberapa panitia putri diantaranya ada Ermin Dwi Nur Janah dan Diyah Anasih Anggriani. Pemanasan tanpa lagu, sedang inti menggunakan lagu Pusing Pala Barbie dan pendinginan dengan lagu Sewu Kuto. Semua peserta mengikuti senam pagi dengan penuh antusias. Setelah senam acara dilanjutkan dengan jalan-jalan pagi mengelilingi jalan yang ada di sendang. Baru setelah itu semua sarapan bersama di lapangan membentuk lingkaran yang sangat besar. Begitu terasa enak makanan ini jika dimakan bersama-sama.





            Ketika sarapan telah habis acara pun dilanjutkan dengan outbond. Outbond dipandu oleh beberapa sie acara antara lain ada Ina Ermawati, Zahraa Unnisa dan Mudrikah. Outbond begitu seru walaupun panas terik mengahdang. Namun kebersamaan dan keseruan yang ada tak membuat panas ini semakin mencekam, bahkan semakin membakar semangat kami. Jam 09.00 WIB outbond telah selesai. Semua langsung packing dan bersiap untuk kembali ke rumah. Tak lupa penutupan pun kami gelar disertai dengan pemberian hadiah kepada kelompok yang menang dan juga peserta terbaik. Untuk peserta terbaik mendapat hadiah buku sedang yang kelompok mendapat hadiah snack yang dibagi secara merata dengan anggota kelompoknya. Semoga makrab tahun depan bisa lebih baik lagi dan lebih seru.


1 komentar:

Terimakasih Atas Komentar Anda

HMJ HES. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Mengenai Saya

Foto saya
Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah Lembaga Kemahasiswaan di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi HMJ HES 2016/2017

STRUKTUR ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH PERIODE 2016/2017 Ketua Umum Nur Habib Fauzi Wakil Ketua...

Pengikut